Pasca Panen Buah Nenas

Posted: 16th October 2008 by Firman Jaya in - RESEARCH

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki wilayah dataran tinggi dan rendah sehingga dapat menghasilkan berbagai jenis buah tropika. Dengan kondisi iklim demikian, buah nanas merupakan salah satu jenis buah tropika yang dapat dikembangkan dengan baik di Indonesia. Nanas merupakan salah satu komoditi hortikultura yang mempunyai manfaat ganda, baik sebagai makanan segar, bahan industri makanan, bahan tekstil maupun sebagai bahan pakan ternak, selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, produksi nenas Indonesia sudah mulai memasuki pasaran internasional. Namun nilai eksport nanas segar Indonesia masih mengalami fluktuasi, sejalan dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi khususnya teknologi pangan , berbagai upaya dilakukan untuk memperpanjang daya tahan buah nenas. Salah satu hasil nyata adalah buah nenas ataupun sari buah nenas dalam kaleng.

Didalam negeri pada tahun 1992 beberapa pabrik pengolahan nanas masih kekurangan bahan baku, sehingga poerlu peningkatan produksi. Kekurangan bahan baku bukan hanya karena produksi rendah, tetapi tidak tercapainya standart mutu / kualitas nanas untuk bahan baku pabrik terutama pabrik buah kaleng.

Untuk memperoleh buah nanas yang berkualitas baik terutama dalam rasa dapat dilakukan dengan pembuangan tunas mahkota. Silakan download disini

  1. Saeful Hodijah says:

    terimakasih saya bisa tambah pengetahuan dengan membaca artikel ini

CAPTCHA Image
*